PELAJARAN 1
GEMAR MENEROKA ALAM SEMESTA
Judul
Buku
|
Borneo
Mengungkap Gua Prasejarah
|
Nama
|
|
Kelas
dan NIS
|
|
Tanggal
|
|
Petunjuk :
Siswa diminta untuk membaca buku yang bertema “Indahnya
Alam Semesta”. Siswa diharapkan dapat mencari buku yang sesuai dengan tema
tersebut. Kemudian, siswa menuliskan hasil bacanya mengenai isi buku tersebut.
Apa
yang telah dipelajari dari tugas membaca buku?
Pelajaran
yang dapat kita ambil dari membaca buku ini adalah mengetahui seluk-beluk
alam bebas Kalimantan, termasuk juga di dalamnya pengetahuan tentang ilmu
arkeologi dengan mengacu kepada keadaan geografi setempat.
|
Apa
yang banyak dipelajari dari buku yang telah dibaca?
Buku ini
lebih banyak menjabarkan tentang peninggalan zaman kuno yang terdapat di
alam, seperti penemuan garca di dinding-dinding gua. Dapat dikatakan bahwa
penjabaran gua prasejarah mencakup kurang lebih 50% dari keseluruhan materi
yang ada di dalam buku. Sedangkan sisanya, menjelaskan tentang kebudayaan
suku dayak, peninggalan prasejarah di alam bebas Kalimantan, garca dalam
berbagai motif, penggambaran kenampakan alam selain gua, dan cara menjaga
alam serta menjadikannya tempat wisata.
|
Apa
yang tidak disukai dari buku yang telah dibaca?
Hal yang
tidak saya sukai dari buku ini adalah ada banyak pencetakan gambar dengan
kenampakan alam hampir sama, sehingga dapat mengundang rasa bosan bagi
pembaca. Pencetakan gambar yang hampir sama secara berulang-ulang juga
membuat buku ini memiliki beban cukup berat. Selain itu, buku ini juga tidak
di lengkapi penjelasan tentang beberapa kata khusus dalam bidang arkeolog dan
geografi yang membuat saya sebagai pembaca harus mencari arti kata tersebut
sendiri untuk dapat mengerti keseluruhan bacaan.
|
Mengapa
memilih pembacaan buku ini sebagai salah satu materi dalam portofolio?
Alasan
saya memilih buku ini adalah karena bertemakan jejak-jejak prasejarah dalam
kenampakan alam di Kalimantan. Saya sebagai warga Indonesia tentu saja
tertantang untuk mengetahui jejak-jejak prasejarah di alam sekitar tempat
saya tinggal.
|
Komentar
Posting Komentar